PLN Diminta Pangkas Pohon Penggangu Jaringan Listriik di Desa Sepan Lebang

 Parlemen, Sintang

Herinius Laka

 

SINTANG, ZKR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Sintang, Herinius Laka PT PLN (Persero) untuk membenahi jaringan listrik di daerah di Bumi Senentang.

Hal tersebut disampaikanya menyikapi Aspirasi masyarakat Desa Sepan lebang kecamatan kelam Permai yang mengeluhkan adanya pohon yang mengganggu jaringan listrik.

Ia mengaku dirinya juga prihatin dengan persoalan tersebut. Menurutnya pihak terkait perlu melakukan pembenahan. Pasalnya memangkas tanaman yang terkena kabel tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang.

Oleh karena itu ia meminta PLN melakukan pemangkasan pohon di sekitar jalur hijau yang juga lintasan jaringan kabel listrik, guna menghindari insiden korsleting yang berakibat kebakaran.

“Pohon itu harus dipangkas karena membahayakan jaringan listrik. Namun harus petugas PLN itu sendiri. Jangan biarakan masyarakat yang memangkasnya karena berbahaya dan masyarakat tidak mengetahui teknis. Salah sedikit bsia membahayakan,” ujarnya. Senin 8 Agustus 2022.

Politisi PDI Perjuangan ini  mengaku gangguan jaringan listrik kerap terjadi memasuki musim ekstrim saat ini. Gangguan karena adanya pohon tumbang dan menimpa jaringan listrik, tentu saja sangat dikeluhkan masyarakat.

“ Saya  mengimbau kepada masyarakat, apabila ada pohon yang mendekati jaringan izinkan petugas PLN untuk memotongnya. Masyarakat jangan memotong sendiri. Ini sangat membahayakan, karena jarak antara jaringan itu tiga meter dan harus kita jaga,” jelasnya.

Salah seorang warga masyarakat di dusun beririk  Sutardi mengatakan bahwa tidak ada perhatian dari pihak terkait tentang kabel listrik yang sudah bergantungan di atas pohon.

“Sudah lama kabel-kabel listrik tersebut bergantungan di atas pohon,termasuk di atas pohon karet, tapi tidak ada pihak terkait yang menanganinya”terangnya.

Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Selamet mengatakan kalau kabel listrik tersebut sangat berbahaya bagi masyarakat serta akan segera berkoordinasi dengan pihak PLN.

“Memang sangat berbahaya kabel listrik yang sudah di atas pohon seperti itu,dan segera saya dan kepala dusun akan berkoordinasi dengan pihak PLN”jelasnya.

Kades sepan lebang Yulius Selamet juga mengatakan bahwa dirinya akan berkoordinasi dengan kepala dusun beririk terkait hal tersebut.

Related Posts

Tinggalkan Balasan