Harapkan APBD 2023 Penuhi Layanan Dasar

 Parlemen, Sintang

Anggota DPRD Sintang, Romeo (Foto : Set DPRD Sintang)

 

SINTANG, ZKR- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Sintang, Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Romeo mengatakan pihaknya menyetujui akan membahas Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sintang tahun anggaran 2023 yang telah disampaikan oleh Bupati Sintang dalam rapat parpurna pada 7 November 2022 lalu.

Romeo mengajak semua pihak untuk menjadikan program dan kegiatan yang sudah tertuang dalam rancangan APBD menjadi faktor stimulant, yang mendorong peningkatan produktifitas, investasi dan penciptaan lapangan kerja baru di berbagai sektor perekonomian Kabupaten Sintang.

“Maka dengan itu, kita harus memastikan APBD tahun 2023 menjadi instrumen pokok memenuhi kebutuhan akan layanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta layanan dasar lainnya bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sintang,” ucapnya di DPRD Sintang belum lama ini.

Ia menyebutkan ada beberapa fungsi pokok dari APBD itu sendiri yakni, fungsi otorisasi, bahwa APBD menjadi dasar untuk merealisasi pendapatan dan belanja daerah. Fungsi perencanaan, bahwa APBD menjadi pedoman bagi manajemen pembangunan dalam merencanakan kegiatan pada tahun beriktunya. Fungsi pengawasan, bahwa APBD menjadi pedoman untuk menilai kerhasilan atau kegagalan penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Kemudian ada fungsi alokasi, bahwa APBD harus diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, dan pemborosan sumberdaya, serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas perekonomian daerah,” ujar Romeo  saat pandangan umum fraksi Nasdem di Gedung DPRD Sintang belum lama ini.

Selain itu, lajut dia juga ada fungsi distribusi, bahwa APBD harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan. Serta fungsi stabilitasi, bahwa APBD menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian daerah.

“Oleh karena itu, menurut pandangan fraksi nasdem, bahwa data, peluang dan prediksi yang ada, harus kita kalkulasi secara obyektif terkait rancangan perda APBD sehingga benar-benar menyentuh kebutuhan riil masyarakat kita,” pungkasnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan